Rubber Duck Debugging





Hari ini baca blog dari Larryullman ada satu teknik debugging yang membuat saya merasa lucu ketika membacanya yaitu Rubber Duck Debugging. Pikir saya : "Orang ada-ada aja kalau buat nama, Bagaimana debugging pakai Rubber Duck?" Karena penasaran saya coba baca link referensi dar milis linux dan dari wikipedia. Penjelasan dari situ adalah :


Rubber Duck method of debugging :
  1. Beg, borrow, steal, buy, fabricate or otherwise obtain a rubber duck (bathtub variety).
  2. Place rubber duck on desk and inform it you are just going to go over some code with it, if that's all right.
  3. Explain to the duck what you code is supposed to do, and then go into detail and explain things line by line.
  4. At some point you will tell the duck what you are doing next and then realise that that is not in fact what you are actually doing. The duck will sit there serenely, happy in the knowledge that it has helped you on your way.


Setelah saya membaca langkah-langkah rubber duck debugging saya jadi tertawa sendiri, unik juga ya :D Jadi kita menjelaskan code kita kepada Rubber Duck baris demi baris :D memang sih setelah saya pikir lagi rasanya memang tidak banyak orang tertarik jika kita cerita soal code program kita, orang akan lebih tertarik jika kita cerita masalah percintaan, humor atau hal-hal sosial lainnya. Jadi solusinya kita bisa cerita code kita kepada Rubber Duck :D yang tidak akan komplain walau kita cerita kepadanya berjam-jam dan sebenarnya tidak harus Rubber duck sih... memang lebih baik jika kita bercerita kepada rekan kerja kita tapi ya itu... mendengarkan penjelasan code saya rasa tidak terlalu menarik dan saya yakin rekan kerja kita juga ada pekerjaan yang lain. Code preview seperti ini perlu karena jika saya coding yang ada di pikiran saya adalah yang penting program saya jalan tetapi setelah beberapa waktu terkadang kita lupa bagaimana membuat suatu program itu bekerja sehingga ketika ada bug kita akan mengalami kesulitan karena kurangnya dokumentasi atau struktur program kita berantakan sehingga susah dipahami dan ketika kita sedang menjelaskan kepada Rubber Duck ketika ada code kita yang salah atau mungkin tidak terstruktur kita bisa segera tahu dan membetulkannya. 

Nice Debuging Method :D I should try it! 

Comments

Popular posts from this blog

Operasi Lipoma

Freeze Panes di PHP/java script

My little brother 22nd birthday