Working in the cloud



Semenjak tahun 2010 akhir pola bekerja saya berubah, Dulu saya begitu mengandalkan flash disk atau perangkat penyimpan data lainnya untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya. Demikian pula kalau sedang bekerja sangat tergantung sekali dengan komputer kita bekerja, Jika pindah ke komputer/laptop lainnya maka saya harus memindahkan data pekerjaan dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Hal ini sungguh merepotkan buat saya dan tidak efisien.

Namun sekarang koneksi internet dari tahun ketahun semakin cepat dan murah sehingga saya bisa bekerja dengan lebih efisien tanpa mengandalkan flash disk dan bisa dengan mudah mengakses data pekerjaan sepanjang ada koneksi internet :)

Berikut adalah beberapa software yang saya pakai :

  • Evernote, Saya menggunakan ini untuk menulis catatan, kelebihan dari Evernote adalah jika tidak ada koneksi internet di komputer tempat kita bekerja entah karena kita sedang berada di luar rumah atau karena koneksi internet sedang putus, kita masih bisa mengakses data dan tetap bisa menulis catatan. Jika sudah ada koneksi internet, data akan disinkronisasi sehingga data akan tetap sama di manapun komputer yang kita install evernote. Jadi catatan yang kita buat di Evernote akan tetap bisa kita akses walaupun kita menggunakan PC berbeda dan walaupun kita belum menginstall evernote di komputer kita tetap bisa melihat dan mengedit catatan kita secara online.
  • Google Docs, Dalam Google Docs ada beberapa aplikasi yaitu : Google Documents, Spreadsheet, Presentation, Drawing dan Form. Kelebihan dari Google Docs ini adalah kemudahan dalam melakukan sharing dan kolaborasi, kolaborasi dalam hal ini adalah kita bisa mengedit 1 dokumen secara bersamaan dengan rekan kita yang lain dan tentunya saya bisa mengakses data saya dimanapun yang terpenting ada koneksi internet dan browser. Google Docs ini juga menggantikan Microsoft Office, Pada saat ini saya sudah jarang sekali menggunakan Microsoft Office.
  • DropBox, Manajemen dan sharing file menjadi sangat mudah dengan Dropbox, Saya install di komputer kantor dan laptop pribadi, Data yang saya perlukan tinggal saya copy ke folder Dropbox dan data akan otomatis tersinkronisasi secara real time sehingga saya bisa mengakses data baik dari komputer kantor maupun laptop pribadi sehingga sekarang ini saya jarang sekali menggunakan flashdisk untuk bertukar data dengan teman-teman dan tidak perlu menunggu teman datang untuk memberikan data ke rumah demikian pula sebaliknya.

Comments

Popular posts from this blog

Operasi Lipoma

Freeze Panes di PHP/java script

My little brother 22nd birthday