Aturan 2+3

Ada sebuah artikel di lifehacker yang saya baca beberapa hari yang lalu mengenai suatu aturan 3+2, Aturan ini diciptakan oleh Jakub Stastny. Ia adalah seorang programmer yang mengalami kesulitan dalam mengatur kehidupannya karena pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya, Hal ini mengarah ke frustasi, kelelahan dan ketidakseimbangan hidup.

Banyak diantara kita juga memiliki banyak sekali pekerjaan yang harus dikerjakan dan (kalau bisa) ingin menyelesaikan semua pekerjaan itu secepat mungkin tetapi kita bukanlah robot yang bisa bekerja terus tanpa henti, kita memerlukan istirahat setiap beberapa jam sekali, kita harus menyadari keterbatasan kita bahwa kita tidak bisa mengerjakan semua pekerjaan sekaligus.

Jakub Stastny menyadari hal diatas kemudian dia juga menyadari bahwa dia hanya sanggup mengerjakan 3 hal besar dan 2 hal kecil dalam sehari. Caranya adalah setiap pagi dia meluangkan waktu untuk menulis 3 hal utama yang ingin dia selesaikan dan 2 hal kecil. Hal utama seharusnya memakan waktu sekitar 2-3 jam sedangkan hal kecil memakan waktu tidak lebih dari 20 menit.

Inti dari aturan 3+2 ini adalah fokus. Kita tidak perlu khawatir dengan semua pekerjaan kita. Kita hanya perlu menangani 5 hal dalam sehari. Jika kita mengerjakan pekerjaan lebih dari 5 hal maka konsentrasi kita akan mudah terpecah. Aturan 3+2 ini membantu kita untuk lebih fokus dalam bekerja dan mencegah kita untuk kelelahan dalam bekerja. Kita bisa mengerjakan lebih banyak pekerjaan, lebih menikmati kehidupan dan hidup kita akan menjadi lebih seimbang.

Referensi :
http://blog.101ideas.cz/posts/the-3+2-rule.html

Comments

Popular posts from this blog

Operasi Lipoma

Freeze Panes di PHP/java script

My little brother 22nd birthday